Sendang yang Tak Pernah Surut
Selasa 17 Oktober 2017

 

Bendungan – Desa Bendungan sebagai desa yang telah berdiri sebelum Republik Indonesia berdiri memiliki sejarah yang sangat panjang. Konon nama Desa Bendungan berasal dari bendungan yang ada di desa tersebut.

Menurut penuturan Musman sesepuh desa yang masih hidup, di Desa Bendungan terdapat sebuah bendungan yang telah ada sejak zaman Jepang. “ Sumur tersebut sudah ada sejak saya kecil bahkan pada zaman Jepang sumur tersebut digunakan untuk berbagai keperluan bala tentara,”ujar pria yang rambutnya sebagian besar telah memutih.

Sendang tersebut menurutnya mengalir ke dari Wonosari, Bendo dan Bendungan sendiri. Sendang yang saat ini kurang terawat karena tertutup banyaknya daun yang berguguran dari pohon dari sekitar sendang. ”Air sendang tersebut sebenarnya jernih namun karena tertutup daun sehingga nampak kotor,”ujarnya sambil menyentuh air sendang tersebut. Musman menceritakan sendang tersebut kerap digunakan untuk berbagai keperluan penduduk seperti mencucui dan memasak namun saat ini sudah jarang karena masyarakat telah memiliki sumur sendiri. Musman berharap agar sendang tersebut dapat dimanfaatkan karena airnya yang masih terjaga serta pohon yang ada memiliki kayu yang dapat digunakan.

Berita Terkini
Dana Desa Tegalrejo-Bendungan
Kamis 18 Mei 2017